PENDIDIKAN
- Strata 1
- Strata 2
- Strata 3
Lahir di Keumumu Labuhanhaji, 29 September 1970. Menyelesaikan pendidikan S1 pada Jurusan Tadris (Pendidikan Matematika) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 1993, pendidikan S2 diselesaikan tahun 2000 pada Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (bidang minat Biostatistik) Universitas Airlangga, dan tahun 2014 menyelesaikan pendidikan S3 pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, konsentrasi Pengukuran dan Pengujian Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
.
KEAHLIAN DAN PENGALAMAN:
Sebagai dosen pada FTK UIN Ar-Raniry dalam bidang Pendidikan Matematika, Pembelajaran, Stastistik Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, dan Metodologi Penelitian (1996-sekarang) dan Ketua Prodi Pend. Matemtika FTK UIN Ar-Raniry (2012-2020). Sebagai Master Trainer CLCC-UNICEF (2007-2011), Instruktur Pendidikan Profesi Guru (2007-sekarang), Master Trainer Integrasi Pendidikan Damai, UNICEF (2007-2010), Master Trainer MAT Matematika dan PTK DBE-2 USAID (2008-2010), Master Trainer Integrasi Pend. Kebencanaan-UNDP (2010-2011), Tim Pengembang Juknis MBS kerjasama Dinas Pendidikan Aceh (SEDIA AusAID, 2011), Fasilitator Pembelajaran Aktif, Desain Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, dan PTK (2008-sekarang), Fasilitator USAID PRIORITAS (2011-2015), Fasilitator Implementasi Kurikulum 2013 (2014-sekarang), Master Trainer Pelatihan Pembinaan Syari’at Islam bagi Guru SLTA (2016-sekarang), Fasilitator pelatihan bedah kisi-kisi UN/USBN dan merancang soal berbasis HOTS (2015-sekarang), Fasilitator Nasional Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).
.
Sebagai peneliti
ia telah menerbitkan sejumlah artikel baik mandiri maupun tim, antara lain:
- Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD; Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA;
- Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah di Kelas IX-6 SMPN 8 Banda Aceh;
- Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach,;
- Development of learning tools using Treffinger learning model to improve creative thinking;
- Teachers’ activities during designing Higher-Order Thinking Skills (HOTS) mathematical questions through teacher assisting program;
- Developing mathematics training modules to enhance teachers’ content knowledge;
- Analysis of Students’ Errors on the Fraction Calculation Operations Problem;
- Developing Assessment Rubrics in Pedagogical Content Knowledge for Mathematical Problems;
- Mathematical Understanding Ability of Students through Contextual Teaching Learning at the Merchant Marine School;
- Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skilss (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama (SMP);
- Teacher’s questions on mathematics learning based on ELPSA framework;
- The Increasing Students’ Mathematical Creative Thinking Ability using Treffinger Model of Indonesian Lower Secondary Students;
- Self-regulated learning through Contextual Teaching and Learning (CTL) approach;
- Implementation of Situation-Based Learning Model To Improve The Junior High School Students’ Critical Thinking And Self-Regulated Learning Skills; dan
- Analyzing Content Knowledge of Prospective Elementary School Teachers on The Material of Fractional Arithmetic Operations.