PENDIDIKAN
- Strata 1
- Strata 2
- Strata 3
Nuralam adalah salah seorang Lektor Kepala dan dosen tetap pada Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia.
Pada tahun 1998 melanjutkan program pendidikan magister dan memperoleh gelar Magister Pendidikan di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 2001, dengan Jurusan Pendidikan Matematika.
Selanjutnya pada tahun 2010 melanjutkan program doktor dan menyelesaikan studi doktoralnya pada tahun 2014 di Universitas Negeri Jakarta, pada Jurusan Teknologi Pendidikan.
Selain mengajar, Nuralam juga terlibat dalam sektor pembangunan selama upaya pemulihan dan rehabilitasi tsunami di Aceh dari tahun 2006 hingga 2009. Ia ditunjuk sebagai Contact Person University dari Unmuha di proyek USAID, Lembaga internasional ini bekerjasama dengan 3 (tiga) perguruan tinggi (Unsyiah, IAIN Ar-Raniry, dan Unmuha) dalam Program DBE 2 USAID. Pada tahun 2022, Nuralam juga sebagai Asesor BKD Nasional Kemenristedikti dan Asesor Sertifikasi Dosen Nasional PTKI Kemenag. Juga terlibat sebagai Instruktur Nasional Literasi Numerasi pada Program REP-MEQR, Madrasah Reform Madrasah Reform Kemenag. Disamping itu sebagai Fasilitator Nasional pada Program Sekolah Penggerak Kemendikbudristek.
.
Sebagai peneliti, ia telah menerbitkan sejumlah artikel, antara lain “Profile of Students’ Conceptive Understanding in Fractions at SMP Muhammadiyah Banda Aceh,” “Level Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama yang Dibelajarkan Dengan Model Kooperatif Tipe TTW,” “Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model AIR,” “Peningkatan Hasil Belajar Operasi Aljabar Melalui Strategi Peer Lesson dengan Media Kartu Siswa SMP,” dan “Tipikal Gender dalam Mengkomunikasikan Penyelesaian Masalah Matematika SMP.”
.
ResearchGate: