Muhammad Reza, M.Si
NIP : 00000000
NIDN : 00000000

PENDIDIKAN

Muhammad Reza adalah dosen tetap pada Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh sejak tahun 2021 hingga sekarang. Reza memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) pada tahun 2015 dari program S-1 Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Selama perkuliahan S-1, Reza juga pernah internship sebagai guru kimia di SMP-SMA Fatih Bilingual School selama tiga bulan. Setelah itu, Reza memperoleh gelar Magister Sains (M.Si.) pada tahun 2019 dari program S-2 Kimia Fisik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung (ITB).

.

Sebelum memulai karir akademiknya, Reza pernah bekerja di sebuah Educational Technology Startup Company terbesar di Asia Tenggara di Headquarter Office Jakarta, Ruangguru, mulai pertengahan tahun 2019 sampai dengan awal tahun 2021. Sebagai Senior Level Staff, Reza berkecimpung dalam memimpin beberapa project pembuatan video pembelajaran kimia, perbaikan video pembelajaran kimia yang ditampilkan dalam aplikasi belajar online, Ruangguru. Pada masa pandemi Covid-19, Reza aktif memonitoring dan quality control video pembelajaran kimia yang ditayangkan oleh Ruangguru di TV Nasional dalam program Sekolah Online.

.

Sebagai seorang peneliti, reza aktif melakukan penelitian dan pengabdian dalam bidang kimia material dan pendidikan kimia yang telah menghasilkan beberapa publikasi di jurnal internasional dan nasional, seperti “Improving separation performance of PVDF ultrafiltration membranes by blending with cellulose acetate”, “Quantitative Analysis Towards Higher Order Thinking Skills of Chemistry Multiple Choice Questions for University Admission”, dan “Pengembangan Buku Pegangan Guru untuk Pembelajaran Kimia Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an”. Disamping itu, Reza juga aktif memberikan pelatihan tentang manajemen laboratorium IPA sekolah kepada guru-guru di Provinsi Aceh.

Scroll to Top