PENDIDIKAN
- Strata 1
- Strata 2
- Strata 3
Syabuddin Gade adalah guru besar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia. Ia memperoleh gelar Master di Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga (sekarang UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta), jurusan Pendidikan Islam pada tahun 1995. Ia juga pernah menempuh program Doktor di IAIN Sunan Kalijaga di mana draf disertasi dengan judul “Teori Belajar Menurut Imam al-Ghazali”, rumah, ratusan buku, dokumen penting dan keluarga inti (isteri dan anak-anaknya) hilang dalam musibah tsunami pada tanggal 26 Desember 2004. Perjuangannya dalam mencari ilmu tidak terhenti, pada tahun 2005 ia mendapatkan pengecualian iuran pengajian dari Kementerian Pendidikan Malaysia untuk melanjutkan program studi doktoral di Universiti Kebangsaan Malaysia, Fakulti Pengajian Islam, Prodi Dakwah and Leadership dan LULUS pada tahun 2010.
Syabuddin Gade pernah dipilih untuk menduduki beberapa Jabatan di lingkungan IAIN/UIN Ar-Raniry;
- Ketua Prodi GPAI, pada Fakultas Tarbiyah IAIN ar-Raniry tahun 2004-2005;
- Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama pada Fakultas Tarbiyah, IAIN ar-Raniry periode 2012-2016;
- Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN ar-Raniry, periode 2018-2022.
Pada tahun 2021 ia memperoleh Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Islam. Ia pernah juga diangkat oleh Pemerintah Aceh sebagai anggota Majlis Pendidikan Aceh periode 2013-2018. Sejumlah buku/artikel hasil karyanya antara lain;
- Esei-Esei Pemikiran Pendidikan (Al-Ghazali, az-Zarnuji, al-abrasyi dan as-Syaibani), Yogyakarta: Ar-Raniry Press dan AK Group Yogyakarta, 2008);
- Pemikiran Pendidikan dan Dakwah Kontrisbusi A. Hasjmy Menghadapi Multi Krisis di Aceh, Cet. I, tahun 2012;
- Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini, Banda Aceh: Naskah Aceh, 2019;
- The Implementation Of Character Education On The Tarbiyah And Teachers Training Faculty The State Islamic University Indonesia (Morality Reinforcement Approach). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12 (12): 24. pp. 1-24. ISSN 22011323;
- Teacher as a Role Model in the 2013 Curriculum Development,” Jurnal Ilmiah Islam Futura 21, no. 2 (2021): 240-256; 6) Teacher’s Spiritual Competence and Its Implication in Islamic Religious Education Learning in Pidie, Aceh
https://mail.ulumuna.or.id/index.php/ujis