Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

Sabtu, 22 Juni 2024. Telah diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif Internasional Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Ar-Raniry dilaksanakan di National Child Development Research Centre (NCDRC) of Universiti Pendidikan Sultan Idris (Sultan Idris Education University, Malaysia) dari pukul 09.00 WIB s/d 17.00 Waktu Malaysia.

Pengabdian masyarakat merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh pihak pendidik dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan bersifat edukatif yang dapat memberi kontribusi bagi masyarakat, seperti memberikan sosialisasi, pelatihan, penyuluhan, dan pembinaan terhadap masyarakat.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen Prodi PIAUD dalam bentuk khidmat atau lawatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa PIAUD UIN Ar-Raniry. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan Prodi PIAUD menjadi lebih baik dalam menghasilkan generasi yang akan menjadi pendidik anak usia dini, selain itu, Prodi PIAUD dapat menyamakan persepsi dalam mendidik anak untuk mewujudkan anak yang shaleh melalui pendidik yang berkualitas. Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang berkualitas. Anak tidak akan berkualitas tanpa binaan dari pendidik yang berkualitas. Maka untuk mewujudkan kualitas tersebut, melalui kegiatan ini diharapkan adanya kesinambungan dalam mewujudkan kualitas pendidikan bangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan Muthmainnah, MA., dan di damping oleh Ketua Prodi PIAUD Dr. Heliati Fajriah, MA, serta dosen PAUD Rani Puspa Juwita, M. Pd., dan mahasiswa dari prodi. Kegiatan yang dilaksanakan di NCDRC UPSI Malaysia, disambut hangat oleh dewan guru dan para pensyarah yang membina sekolah Taska dan Tadika NCDRC UPSI Malaysia tersebut. Sekolah Tingkat Taska dan Tadika memiliki Gedung yang luas serta fasilitas yang sangat memadai, ruang dan segala media tersedia untuk membagi ilmu sambil bermain kepada kanak-kanak. Bahka ada ruang terapi bagi anak berkebutuhan khusus, konseling bagi anak yang bermasalah, dan juga ruang Pustaka untuk kanak. Sehingga lawatan seperti ini patut dijadikan contoh agar dapat diberikan fasilitas yang memadai sejak dini untuk Tingkat kanak-kanak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top