Banda Aceh – Sejumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti program magang di sejumlah madrasah pada semester ganjil 2023/2024. Program magang yang dibuka pada setiap semester ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa berupa pembelajaran langsung di lapangan (experiential learning). Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskills seperti keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan lain-lain maupun soft skills seperti etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dan lain-lain.
Program magang ini dilaksanakan di sejumlah madrasah yang telah menjalin kerjasama dengan lembaga seperti MAS Darul Ulum Banda Aceh, MTsN 4 Banda Aceh, serta MAN 4 Aceh Besar.
Salah seorang mahasiswa peserta magang, Fatjrul Ata Rizki Nasution, mengungkapkan bahwa program magang ini merupakan bagian penting dari kurikulum mereka pada semester ganjil 2023/2024. Dengan adanya program magang ini diharapkan mahasiswa akan memperoleh banyak wawasan dari madrasah, terutama guru pamong, terkait penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan, termasuk Modul Ajar atau RPP, materi ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian.
Fatjrul menambahkan, “Program magang ini merupakan bagian dari mata kuliah wajib kami di semester ini. Kami mencari data tentang sekolah, guru, dan siswa. Selama magang di madrasah, kami akan berkontribusi dengan membantu dalam kegiatan sekolah. Hal ini bertujuan agar kami mahasiswa dapat memahami kondisi riil di lapangan dan mempersiapkan diri untuk pelaksanaan PPL serta menyesuaikan dengan jadwal kuliah kami.”
Fitriyawany, M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Fisika menekankan komitmen Program Studi dalam mendukung pengalaman belajar yang menyeluruh bagi mahasiswa, termasuk melalui kolaborasi dengan lembaga-lembaga pendidikan di lapangan. Dia berharap bahwa melalui magang ini, mahasiswa akan mendapatkan wawasan yang berharga serta kesempatan untuk mengembangkan diri mereka sebagai pendidik yang kompeten dan berkualitas di masa depan.